Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Bahan Yang Digunakan Sehari-hari

Cara mengatasi sakit gigi yang umumnya dilakukan oleh orang adalah dengan mengkonsumsi obat yang dibeli di apotek, namun terdapat beberapa bahan yang digunakan sehari-hari yang dapat dijadikan sebagai obat alami.

cara menghilangkan sakit gigi dengan bahan sehari hari

  1. Bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu rempah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, sebab rempah ini tidak dapat dipisahkan dari berbagai macam masyarakat khas Indonesia. Bawang merah sendiri merupakan salah satu anti-septik alami yang ampuh dalam membunuh kuman, tidak heran jika rempah ini ampuh dalam meredakan sakit gigi. Cara membuatnya menjadi obat adalah dengan menghaluskan 1 siung bawang merah dan mencampurkan dengan garam dan tempelkan di bagian yang sakit, namun Anda harus tahan dengan aroma bawang ini.

  1. Bawang putih

Sama seperti bawang merah, bawang putih merupakan salah satu anti-septik alami. Apabila Anda tidak tahan dengan aroma bawang merah, maka bisa menggunakan bawang putih. Cara mengolah dan menggunakannya juga sama seperti bawang putih, yaitu dengan menghaluskannya dan mencampurkannya dengan garam. Garam sendiri juga merupakan salah obat alami untuk sakit gigi dan tempelkan pada bagian yang sakit hingga mereda, namun beberapa orang tidak menyukai aroma bawang putih. Padahal bawang putih memiliki banyak sekali manfaat.

  1. Asam jawa

Asam jawa merupakan salah satu bahan yang sangat mudah ditemukan, dimana banyak orang yang menanam pohonnya diperkarangan rumah. Asam jawa sendiri tidak hanya diolah menjadi minuman namun dapat dikonsumsi langsung, namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa asam jawa termasuk dalam anti-septik alami. Cara mengolahnya juga sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu menyangrai bijinya dan tempelkan pada gigi yang sakit. Untuk dagingnya sendiri dapat Anda makan langsung, apalagi rasa asamnya sangatlah menyegarkan apalagi jika dicampur dengan gula.

  1. Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu rempah yang telah digunakan sejak zaman nenek moyang dalam makanan, aromanya yang khas membuat makanan menjadi wangi. Namun tidak jarang orang mengolah cengk eh sebagai obat sakit gigi alami dengan cara menghaluskannya, kandungan di dalamnya terbukti meringankan rasa sakit. Sebab terdapat senyawa anti-bakteri sehingga membuat bakteri yang menyebabkan saktit gigi dapat hilang atau Anda dapat juga mencampurkan cengkeh halus ke dalam air dan menyemprotkannya di tisu dan tempelkan pada gigi yang sakit.

  1. Merica

Rasanya yang pedas membuat merica banyak digunakan di dalam makanan, namun tidak hanya bergunakan untuk makanan saja namun merica dapat dijadikan sebagai obat. Salah satunya adalah menjadi obat sakit gigi, hal ini dikarenakan terdapat kandungan anti-bakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti di dalamnya sehingga tidak hanya mengatasi permasalahan pada mulut namun dapat menjaga kesehatan mulut. Untuk mengolahnya, Anda dapat mencampurkan merica dan garam dan campurkan air sedikit sehingga berbentuk pasta baru dapat dioleskan pada gigi yang bermasalah.

  1. Jahe

Jahe pada umumnya diolah menjadi minuman karena dapat menghangatkan badan terutama pada cuaca dingin, namun terdapat kandungan anti-bakteri yang dapat menghilangkan bakteri yang terdapat di mulut sehingga memicu terjadinya sakit gigi. Untuk menggunakan jahe sebagai obat gigi maka Anda dapat memarutnya dan memeras air di dalamnya dan gunakan untuk berkumur dengan teratur. Tentunya cara mengatasi sakit gigi ini sangatlah mudah untuk membuat obatnya, apalagi bahannya digunakan sangat mudah ditemukan dan harganya juga sangatlah ramah di kantong.